TUGAS 11

NAMA              : MARKUS AGUNG PW

NIM                 : 201452135

LINK               : https://langkahdunia.wordpress.com/

a) Mengapa definisi Public Affairs lebih banyak bersifat hubungan dengan pemerintahan juga ? jelaskan
Harus disadari bahwa semua peraturan yang berhubungan dengan organisasi/perusahaan dikeluarkan oleh pemerintah. Peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dapat memengaruhi kebijakan publik. Public Affairs bertugas memengaruhi kebijakan publik sehingga kebijakan itu dapat mendukung tujuan perusahaan dan tidak merugikan organisasi/perusahaan.
b) Apa tugas pemerintah daerah dalam rangka memfasilitasi dan melakukan peraturan perundang-undangan setempat.
Tugas pemerintah daerah adalah mengeluarkan Perda (Peraturan Daerah) yang berlaku di daerah masing-masing. Pemerintah Daerah dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan memiliki hubungan dengan Pemerintah Pusat dan dengan pemerintahan daerah lain, terutama dalam hubungan administrasi dan kewilayahan antar susunan pemerintahan.
c) Apa yang disebut Government Relations ? Jelaskan.
Government Relations merupakan salah satu fungsi Public Relations. Dalam hal ini PR menjalankan fungsi pengkajian yaitu PR berhubungan dengan segala peraturan pemerintah, dan program pemerintah. Sinergi PR dengan pemerintah inilah yang disebut dengan Government Relations.
d) Komunitas lokal bisa berpengaruh terhadap hal apa ?
Komunitas lokal memiliki pengaruh dalam menciptakan kebijakan publik, sehingga bila hubungan organisasi/perusaahan dengan komunitas lokal tidak harmonis akan mendorong terjadinya kebijakan publik yang tidak kondusif, seperti penolakan atas kehadiran perusahaan.
e) Apa sebab surat kabar masih menjadi sumber berita utama di daerah-daerah terutama menyangkut kecepatan informasi atau sebaliknya meragukan ?
Surat kabar mempunyai kelebihan yaitu distribusinya luas, sehingga bagi masyarakat tertentu yang sulit menerima siaran TV dan radio karena jangkauannya yang terbatas, masih tetap mengandalkan surat kabar sebagai sumber berita utamanya.

  1. Di negara maju seperti Amerika terdapat banyak departemen pemerintah yang mengatur kebijakan tentang siaran. Pilih yang tidak relevan dengan topik departemen yang memiliki kuasa wewenang dalam penyiaran :
    e)BBC adalah badan pengatur radio penyiaran di Amerika serikat.
    2.Apa definisi dari Public Affairs, pilih satu yang benar dibawah ini :
    a) Bidang khusus Public Relations yang membangun dan mempertahankan hubungan dengan pemerintah dan komunitas lokal agar dapat memengaruhi kebijakan publik.
    3. Dibawah ini adalah beberapa fungsi dan tugas Public Affairs yang secara tidak langsung memiliki efek luas………………………kecuali
    e) Hanya memberikan masukan tanpa melakukan upaya kegiatan yang bisa memajukan perusahaan karena hal itu sudah dirasa cukup sejak konsumen tahu keadaannya.
    1) Jelaskan apakah yang dimaksud dengan manajemen isu dalam organisasi ?
    Manajemen isu dalam organisasi adalah upaya organisasi atau perusahaan untuk melihat kecenderungan isu atau opini publik agar tidak berkembang secara negatif sehingga dapat merugikan perusahaan atau agar isu itu tidak berkembang menjadi konflik yang tidak diinginkan.
    2) Apakah yang menjadi motivasi dalam riset dan penelitian pada riset kehumasan ?
    Yang menjadi motivasi dalam riset dan penelitian pada riset kehumasan adalah keinginan manusia yang selalu berusaha untuk mengetahui sesuatu, Keinginan untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan merupakan kebutuhan dasar manusia yang umumnya menjadi motivasi untuk melakukan penelitian.Penelitian difokuskan pada hubungan antar manusia yang didalamnya dipelajari yang namanya komunikasi.
    3)Menurut Cutlip-Center-Broom, manajemen isu meliputi dua tindakan mendasar yaitu:
    (1) melakukan identifikasi awal terhadap isu yang memiliki potensi untuk merugikan organisasi atau perusahaan; (2) memberikan tanggapan terhadap isu untuk meminimalisir konsekuensi dari munculnya isu.
    4)Apa yang dimaksud dengan lobi dan berikan contohnya.
    Lobi adalah aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok dan bersifat informal dengan tujuan memengaruhi pimpinan organisasi lain maupun orang yang memiliki kedudukan penting dalam organisasi dan pemerintahan yang bertujuan memengaruhi agar pesan-pesan pelobi dapat memberikan keuntungan untuk diri sendiri ataupun organisasi dan perusahaan pelobi.
    Contoh : lobi yang dilakukan Telkom terhadap Indosat dalam menentukan penggunaan frekwensi, penempatan dan pengaturan wilayah BTS (Base Transceiver Station).
    5)Apakah sebutan lobbyist merupakan profesi dan sampai dimana wewenangnya dalam suatu organisasi ?
    Ya, lobbyist merupakan sebuah profesi. Wewenang lobbyist dalam suatu organisasi adalah mempengaruhi pengambil keputusan, menafsirkan opini pejabat pemerintah, menyampaikan informasi tentang bagaimana sesuatu kesatuan dirasakan oleh perusahaan, organisasi atau kelompok masyarakat tertentu, dan meyakinkan para pembuat keputusan.
    1. Pilih yang tidak relevan dengan kaidah manajemen isu dibawah ini:
    a) Merupakan upaya organisasi atau perusahaan untuk melihat kecenderungan isu atau opini publik itu tidak berkembang secara negatif sehingga merugikan perusahaan atau agar isu itu tidak berkembang menjadi konflik yang tidaK diinginkan.
    2.Lobi adalah suatu bagian manajemen di suatu organisasi , pilih mana pernyataan yang tidak relevan dengan hal tersebut dibawah ini :
    e) lobi merupakan rencana awal dari pembaharuan manajemen perusahaan agar dapat tetap memiliki daya saing ditengah persaingan usaha.
    3. Manajemen isu adalah gerakan proaktif yang berfungsi untuk :
    b). mengarahkan khalayak agar tidak terfokus pada sisi kelemahan organisasi
Advertisements