PERANAN PENTING KEHUMASAN

  1. Mengapa marketing tidak suka dengan sebutan propaganda dalam aktifitasnya ? jelaskan Karena propaganda bermakna kearah lebih negatif dimana  pengertian propaganda sendiri adalah suatu usaha yang dilakukan secara intensif dan berkesinambungan dengan tujuan menggalang dukungan misal bagi suatu pendapat., paham dan kepercayaan tertentu. Sehingga humas mengenggap bahwa praktisinya tidak menangani atau tidak sama dengan pekerjaan propaganda.
  2. Apa tugas humas yang sangat dekat dengan kegiatan eksternal ?

publisitas, iklan, press agency, public affairs, manajemen isu, lobi dan hubungan investor.

  1. Terangkan enam ruang lingkup pekerjaan humas ?

Publisitas

Pemasaran

Public affairs

Manajemen isu

Lobi dan

Hubungan investor

  1. Jelaskan dengan contoh perbedaan publisitas dan humas ?

Publisitas dengan humas adalah keterkaitan namun memiliki perbedaan. Publisitas adalah bagian dari pekerjaan seorang humas sedangkan seorang publisitas hanya merujuk pada pekerjaan dalam lingkup yang lebih kecil dibanding humas. Jika seorang publisitas hanya bertugas untuk mempublikasikan suatu berita, sedangkan humas memiliki 6 ruang lingkup pekerjaan dimana publisitas masuk kedalamnya.

  1. Apakah publisitas berarti metode yang tidak dapat dikontrol, berikan penjelasan ?

iya karena Publisitas adalah merupakan metode yang tidak dapat dikontrol oleh humas dalam hal penempatan pesan di media massa karena sumber atau humas  tidak membayar media untuk memuat beritanya. Entah berita dikemas seperti pandangan apa, hal itu diluar kendali seorang publikatornya.

 1. Apa yang disebut propaganda : c) sebutan atau istilah yang berkonotasi negatif dan sifatnya suatu usaha yang dilakukan secara intensif dan berkesinambungan dengan tujuan menggalang dukungan misal bagi suatu pendapat, paham dan kepercayaan tertentu.

2Dibawah ini ada satu yang bukan ruang lingkup pekerjaan humas yaitu :

e) pembelanjaan

3. Mana yang bukan merupakan kegiatan khusus publisitas (satu arah) dibawah ini  :

d) telepon line

4. Pilih satu pernyataan yang tidak relevan dengan publisitas dan sirkulasinya dibawah ini  :

e) media tidak dipublishkan karena sudah memakai teknik komunikasi telephone line.

1)  Jelaskan apakah yang dimaksud Press Agentry ?

suatu kegiatan yang menampilkan peristiwa atau rencana yang bertujuan untuk menarik perhatian media massa secara terus menerus kepada seseorang produk atau organisasi. Jadi didalam sebuah perusahaan atau organisasi dibutuhkan sebuah media yang bertugas untuk mengekspose pemberitaan perusahaannya sehingga bisa mempengaruhi ataupun membangun citra perusahaan itu dimata khalayak.

2) Apakah yang dimaksud dengan advertising secara konsep dan kerjasamanya ?

Advertising adalah salah satu strategi perusahaan dalam mengembangkan produknya dimana unsur kreatif sangat penting untuk men-deliver pesannya

Keberhasilan advertising adalah menciptakan attention untuk meningkatkan awareness dan membuat konsumen untuk mau mencoba produknya sehingga produk yang dijual akan meningkat penjualannya.

3) Jelaskan kenapa manajemen isu dapat memepengaruhi hubungan organisasi dengan publik mereka ?

Karena manajemen isu bertugas untuk mengantisipasi, mengindentifikasi, mengevaluasi, dan merespon isu – isu kebijakan publik yang akan mempengaruhi hubungan organisasi dengan publiknya. Didalam menangani sebuah isu, pasti akan ada pengaruh dalam hubungannya dengan publik. Cara apa yang dipakai ataupun kiat kiat apa saja yang diambil untuk mengantisipasinya kembali pasti sangat mempengaruhi hubungan publiknya.

4) Apakah perbedaan yang mendasar antara publisitas dengan press agentry ?

Perbedaan yang mendasar antara publisitas dengan press agentry. Keduanya sama-sama memanfaatkan media massa tanpa harus membayar. Press agentry lebih bertujuan untuk mendapatkan pemberitaan (ekspos) media massa daripada  membangun pengertian public (public understanding. Press agentry lebih berpijak pada teori komunikasi massa agenda setting yang menyatakan bahwa semakin sering seseorang atau suatu organisasi diberitakan media massa, maka orang atau organisasi itu menjadi semakin penting bagi masyarakat.

1) Pilih satu jawaban yang tidak tepat tentang Press Agentry yaitu   :

  1. d) Press Agentry selalu menunggu berita dari media massa yang mengambil liputan dilokasi kejadian dan bersifat melaporkan saja.

2) Apa fungsi manajemen isu dalam sisi publisitas :

a) Proses proaktif dalam mengantisipasi, mengindentifikasi, mengevaluasi, dan merespon isu – isu kebijakan publik yang mempengaruhi hubungan organisasi dengan publik mereka.

3) Mana yang bukan sifat yang positf pada publisitas :

c) Menciptakan publik understanding jauh lebih sulit dan memakan waktu lama

Advertisements