Hubungan antara people, teknologi dan proses dalam konteks CRM

cobalah anda analisa bagaimana hubungan antara people, teknologi dan proses dalam konteks CRM analisa anda dibuat dalam format words , min 1 setengah halaman ?

CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan

Menjalin hubungan baik dengan pelanggan (people) adalah hal yang selayaknya dilakukan oleh setiap organisasi pelayanan baik perusahaan maupun lembaga pemerintahan. Hal ini dikarenakan posisi dan keberadaan pelanggan sangat memberikan pengaruh dalam keberlangsungan bisnis. Terdapat beberapa alasan mengapa jalinan hubungan baik dengan pelanggan sangat penting dilakukan , antara lain :

  1. Untuk mengetahui lebih jauh kebutuhan dan harapan melalui sudut pandang pelanggan sehingga akan memudahkan organisasi pelayanan dalam menyusun strategi pelayanan.
  2. Mendorong tingkat loyalitas  pelanggan terhadap jasa layanan yang diberikan oleh organisasi (perusahaan).
  3. Untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan.

Customer Relationship Management (CRM) strategis terfokus pada upaya untuk mengembangkan kultur usaha yang berorientasi pada pelanggan atau customer-centric. Kultur ini ditujukan untuk merebut hati konsumen dan menjaga loyalitas mereka dengan menciptakan serta memberikan nilai bagi pelanggan yang mengungguli para pesaing.

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Fungsi teknologi dalam CRM, Jika dihubungkan dengan teknologi yang menfasilitasi CRM, sehingga membantu dalam proses bisnis yang berkaitan dengan pelanggan.

Contoh :

Dari pemanfaatan TI dalam hubungan CRM adalah dalam penggunaan saluran komunikasi seperti Telepon, E-mail, Web, Sosmed dan sebagainya.

Dengan adanya saluran komunikasi tersebut, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui tentang produk-produk dari perusahaan atau apabila ada keluhan yang berkaitan dengan produk, pelanggan dapat dengan langsung mengajukan keluhannya dana dalam waktu singkat tanpa harus menunggu lama, pihak dari perusahaan dapat melayani keluhan dari pelanggan. Jadi manfaat yang diperoleh dalam hal tersebut, pihak perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang bisa mamberikan keuntungan dan meningkatkan penjualan.

Advertisements
By langkahdunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s